Tergantung pada usia Anda, Anda mungkin ingat atau tidak kapan sistem video game pertama kali muncul di pasaran. Ada kegembiraan yang luar biasa karena dapat mengontrol bentuk yang sangat mendasar di layar menggunakan pengontrol sederhana. Video game menimbulkan kegembiraan yang sama besarnya dengan sekarang, hanya saja bentuknya sedikit berbeda. Permainan dimulai dengan sejarah primitif, tetapi saat itu tidak ada yang tahu bedanya. Mampu mengendalikan tangki berbentuk kotak sederhana membuat orang senang selama berjam-jam, dan itulah awal mula video game seperti yang kita kenal sekarang. Saat ini kita telah menempuh perjalanan yang panjang dan tidak ada batasan ke mana arah game di masa depan. Sangat menarik untuk memikirkan semua kemungkinan dan cara berbagai produsen dapat memaksimalkan pengalaman bermain game secara keseluruhan.
Membeli sistem video game selalu menjadi prospek yang relatif mahal, dan juga bersifat siklus. Ketika sistem video game pertama kali hadir di pasaran, orang-orang jelas bersedia membayar mahal dan itulah yang dibebankan oleh produsen. Tidaklah murah untuk menghadirkan salah satu sistem baru ini ke rumah Anda dengan cara apa pun, dan tentu saja harga game juga sama mahalnya. Beberapa orang mungkin berpendapat bahwa situasinya sama saat ini, tetapi ada juga yang menganggap game sekarang cukup terjangkau. Yang berubah adalah meskipun sangat sedikit orang yang mampu membeli sistem permainan saat pertama kali diluncurkan, kini tidak jarang sebuah rumah tangga memiliki satu atau dua sistem berbeda pada saat yang bersamaan.
Game rumahan benar-benar meledak dengan Nintendo asli meskipun Atari membuat terobosan bertahun-tahun sebelumnya. Namun kebanyakan orang saat ini ingat bermain Nintendo untuk pertama kalinya dan betapa serunya itu. Bagi sebagian orang, bermain game tidak akan pernah menjadi hal yang istimewa lagi, betapapun canggihnya sistem yang ada saat ini. Menarik untuk direnungkan kembali bagaimana berbagai perusahaan bersaing untuk mendapatkan posisi dan beberapa datang dan pergi tanpa banyak kemeriahan. Pada suatu waktu terdapat persaingan sengit antara Nintendo dan Sega, dan tentu saja ada sistem lain seperti TurboGrafx 16. Lebih banyak sistem datang dan pergi seperti Genesis, Nintendo 64, Dreamcast, dan GameCube. Terkadang sulit untuk melacak semua inkarnasi ini karena tidak ada satupun yang seistimewa Nintendo asli.
Saat ini kebanyakan orang bermain game di salah satu dari tiga platform: Nintendo Wii, Xbox, atau PlayStation. Ada fitur luar biasa yang memungkinkan orang berinteraksi online dan berpartisipasi dengan pemain lain dari seluruh dunia. Game telah berevolusi dengan kecepatan eksponensial sehingga sulit membayangkan orang-orang menganggap sistem aslinya menghibur. Akan menarik untuk melihat apakah kita mencapai titik jenuh dalam hal kompleksitas berbagai game, atau mungkin segalanya akan menjadi lebih baik dan video game pada akhirnya akan mencapai proporsi yang nyata.